Apa sih Mukaab yang di sebut-sebut sebagai Ka'bah baru ?

 


Pada saat ini, pemerintahan Arab Saudi sedang gencar-gencarnya dalam urusan pembangunan fasillitas dan juga bangunan-bangunan yang dapat menunjang kebutuhan negaranya saat ini hingga di masa yang akan datang lagi. Memanfaatkan semua pendapatan dari berkah yang didapatkannya melalui minyak, dan sadar bahwa hal ini tidak akan bertahan lama, pemerintah Arab Saudi pun mengambil sebuah tindakan pintar dengan menarik para wisatawan dari seluruh negara serta tidak lupa juga untuk menarik para Investor dan juga perusahaan asing yang tentunya dapat menguntungkan pemerintaha Arab Saudi.

Dengan begitu, maka Arab Saudi pun tetaplah menjadi sebuah negara yang kaya meskipun sudah kehilangan sumber penghasilannya selama ini yaitu minyak. Akan tetapi dengan semangkin banyaknya orang-orang asing yang keluar masuk ke negara Arab Saudi sendiri membuat pencampuran dan terkikisnya budaya secara perlahan, seperti sudahh mulai adanya bar dan hiburan malam di sana, kasino besar yang kabarnya akan segera di bangun, hingga berbagai konser meriah yang belakangan ini sudah berjalan. 

Hingga pada akhirnya, timbulah sebuah kontrovesi yang di dasari oleh adanya sebuah proyek pembangunan sebuah gedung raksaksa yang berbentuk kubus dan tampak mirip seperti Ka'bah. Hal ini lantas membuat proyek ini mendapatkan kecaman dari para penduduk Muslim di dunia karena bentuknya yang memang mirip Ka'bah yang selama ini di sucikan, meski ada juga beberapa orang yang setuju dan tidak mempermasalahkan bentuk serta di buatnya gedung tersebut. Akan tetapi yang menjadi masalahnya adalah, seberapa tahukan kita mengenai gedung tersebut ? 

Mukaab 


Mukaab sendiri adalah sebuah bangunan yang desainnya terinspirasi oleh sebuah gaya arsitektur Najdi modern, yang juga sedang digunakan dalam pengembangan proyek giga Diriyah di Riyadh (ibu kota Arab Saudi)

Mukaab sendiri dirancang dengan berbagai fasilitas yang sangat mewah dan juga modern dengan berbagai teknologi holografik, di gedung ini juga akan dibangun sebuah tempat hiburan paling megah di dunia, serta sebuah hotel dan unit hunian. Selain itu di gedung ini jugalah akan dibangun 80 tempat hiburan dan budaya, universitas teknologi dan desain, ruang serba guna, hingga museum ikonik yang dimana dengan berbagau hal yang sudah di sebutkan tadi membuat gedung ini menjadi sebuah gedung yang sangat megah dan juga mewah.

Awal mula permasalahan 

Seperti yang sudah di beritahukan, bahwa gedung ini memiliki sebuah bentuk kubus sempurna dan berwarna emas, dimana bentuk kubus tersebut sangatlah mirip dengan Ka'bah yang berada di Makkah.

Pada awalnya proyek ini sama sekali tidak memiliki hambatan satupun, hingga ada beberapa orang yang mengambil sebuah kesimpulan bahwa bangunan tersebut merupakan sebuah Ka'bah baru yang di ciptakan oleh putra mahkota kerajaan Arab Saudi. "Tampaknya (putra mahkota) sedang membangun Ka'bahnya, akankah ia meberlakukannya sebagai kiblat baru bagi para jamaah ?" ungkap akademisi Asad Abu Khalid, "Membangun Ka'bah baru yang secara ekslusif dikhususkan untuk kapitalisme adalah sesuatu yang terlalu berlebihan" ungkap seorang reporter Intercept, Murtaza Hussain.

Perlu di ketahui juga bahwa sebelum adanya masalah mengenai Mukaab ini, Arab Saudi juga sudah sering di sebut-sebut selalu meng-khususkan untuk para kapitalis mengenai pembangunan, ekonomi, kerja sama, dll yang sebenarnya hal tersebut juga tidak dapat di pastikan kebenarannya.

Pandangan lorong gelap mengenai Mukaab

Sebenarnya secara jujur gw lebih tidak terlalu memikirkan hal ini, bukanlah tanpa alasan melainkan jika di lihat dari proyeknya sendiri saja bangunan ini merupakan sebuah "gedung" yang akan di huni dan bukanlah sebuah monumen bahkan tempat yang nantinya akan di sakralkan, di tambah lagi konsep bangunan kubus sendiri sudah ada sejak jaman terdahulu yang dimana gambarannya bisa di lihat di bawah ini :


Oleh karena itulah, dengan tema desainnya yang bernama "Najdi modern" yang merupakan sebuah hal yang tradisional lalu di buatkan versi modernnya, maka seharusnya ini bukanlah suatu yang aneh dan harus di takutkan, karena justru pemerintah Arab Saudi ingin membuat negara Arab menjadi negara yang maju dan modern akan tetapi tetap tidak melupakan tradisi, budaya, dan ciri khas leluhurnya yang seharusnya juga dapat di tiru oleh negara tercinta kita Indonesia.

Sekian artikel kali ini, jangan lupa jaga kesehatan dan juga keselamatan. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang kalian inginkan dan memenuhi hasrat horror kalian yang sedang meronta-ronta, Terimakasih.

Hubungi :

Email       : foranomaly6@gmail.com

Instagram : @lorong_gelapv

Situs         : https://memasukiloronggelap.blogspot.com/




Komentar

Postingan Populer