Apa yang dimaksud dengan Sugesti ?

 


Pasti untuk kalian semua yang sedang membaca ini, tentunya pernah mendengar setidaknya sekilas tentang kata "Sugesti" Biasanya Sugesti ini sendiri sering di samakan dengan sebuah kegiatan Hipnotis yang entah di gunakan untuk kebaikan seperti pengobatan dan juga penyembuhan penyakit, atau juga bisa di gunakan untuk kejahatan seperti menipu ataupun mencuri. 

Akan tetapi, sebenarnya sugesti sendiri cukup berbeda dengan hipnotis yang sudah sering kita dengarkan. Biasanya Sugesti sendiri lebih halus dan bahkan sebenarnya tidak perlu menggunakan alat-alat perantara untuk melakukannya, dan Sugesti sendiri tidaklah membuat sang korban menjadi tidak sadar, melainkan korban justru menerimanya dengan sadar. Semangkin penasaran kan dengan apa itu Sugesti ? berikut ini gw akan berikan pengertian dan juga bagaimana Sugesti itu sebenarnya.

Apa itu Sugesti ?


Menurut seorang psikolog sekaligus pendiri psikologi sosial bernama William McDougall, Sugesti adalah sebuah proses komunikasi yang menghasilkan penerimaan dengan keyakinan dari preposisi yang di komunikasikan tanpa adanya alasan yang memadai secara logis untuk menerima komunikasi tersebut. Sederhanakan menurut seorang psikolog asal Amerika, Gordon Allport, Sugesti sendiri merupakan penerimaan sesuatu yang tidak beralasan.

Sederhanakan sugesti menurut KBBi (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah sebuah pendapat, anjuran, atau saran yang di kemukakan untuk dipertimbangkan.. Sugesti juga berarti pengaruh atau dorongan yang dapat menggerakan hati seorang dan juga sebagainya.

Tentu kegiatan Sugesti sendiri akan melibatkan kedua pihak atau lebih, yaitu pihak pendengar dan penerima dan juga pihak pembicara atau yang melakukan sugesti tersebut. Dimana nantinya sang pembicara akan menyerukan opini dan juga argumennya yang nantinya akan diterima oleh sang pendengar atau sang penerima tersebut.

Jenis-jenis Sugesti

Untuk jenis-jenis sugesti sendiri akan dibagi menjadi 2 bagian, yaitu jenis sugesti berdasarkan macamnya, dan juga jenis sugesti berdasarkan sumbernya. Maka berikut ini merupakan jenis-jenis dari sugesti itu sendiri.

Jenis-jenis sugesti berdasarkan macamnya

  • Disengaja atau tidak disengaja
Sugesti yang disengaja sendiri meruapak sugesti yang berasal dari pengalaman subjektif seperti merasakan badan lebih ringan/tinggi, sederhanakan Sugesti yang tidak disengaja adalah sugestu yang dapat terjadi sepanjang waktu. 
  • Hipnotik dan Non Hipnotik
Sugesti Hipnotik sendiri dapat terjadi dalam konteks hipnotis dalam terapi medis, sugesti dapat terjadi di luar konteks inilah yang di sebut sugesti nonhipnotik atau sugesti Imajinatif. Uniknya Sugesti Hipnotik ini sendiri dapat di katakan hanya sedikit lebih efektif daripada sugesti Imajinatif menurut para peneliti.
  • Verbal dan Non Verbal
Biasanya kita mengetahui saat seseorang ingin di lakukan Hipnotis biasanya ia akan memegang dan kontak langsung dengan tubuh kita, akan tetapi ada banyak penelitian yang menunjukan bahwa hipnotis sendiri juga dapat di lakukan tanpa harus bersentuhan, dan begitu jugalah yang dapat terjadi di Sugesti.

Jenis-jenis sugesti berdasarkan Sumbernya

  • Sugesti Auto
Sugesti auto sendiri, merupakan sebuah sugesti yang berasal dari hati nurani seseorang itu sendiri. Misalnya saja seseorang yang sadar bahwa dirinya salah dan mencoba untuk memperbaiki dirinya sendiri.
  • Sugesti Kontra
Sugesti kontra sendiri merupakan suatu sugesti yang bisa di bilang cukup unik, dimana sugesti ini akan terhadi jika diri kita merasa tidak suka dengan seseorang dan akan melakukan sebaliknya dari yang di lakukan orang yang tidak di sukai tersebut. Biasanya sugesti ini akan terjadi dengan secara tidak sadar dan bahkan mungkin saja diri kita sendiri tidak akan mengetahui sejak kapan diri kita terkena sugesti ini.
  • Sugesti Prestise
Jika Sugesti Kontra adalah sebuah sugesti yang di berikan dari seorang yang tidak di sukai, maka sugesti kali ini merupakan sugesti yang diberikan dari orang yang berada di atas kita seperti orang tua, guru, bahkan motivator. 

Pernah tidak, ketika di sekolah dan didatangi oleh seorang motivator yang berusaha memotivasti diri kita untuk lebih giat belajar ataupun menjauhi vidio bokep, dan secara tidak sadar kita pun mematuhi sugesti tersebut dan mulai rajin belajar serta menjauhi vidio bokep. Nah, kira-kira seperti itulah Sugesti Prestise
  • Sugesti Massal
Seperti namanya, penerima dari sugesti ini merupakan sebuah kelompok atau sekumpulan orang yang menerima sugesti dengan pemikiran kritis.

Setelah kita mengetahui beberapa jenis-jenis Sugesti, lalu bagaimanakah sugesti itu dapat tercipta ? Biasanya orang yang akan menerima sugesti harus dapat fokus terlebih dahulu dan dapat diajak ngorol, lalu barulah dimulai untuk beradu argument dan juga sang pemberi sugesti memberikan opini-opininya mengenai sesuatu hal dan menyarankan untuk sang penerima melakukan sesuatu hal yang sesuai dengan opininya, ada dua kemungkinan yang akan terjadi yaitu adalah sang penerima sugesti tidak akan meneriman opini dan ajakan tersebut dan yang kedua adalah sang penerima akan menerima opini tersebut.

Lalu apa bedanya dengan Hipnotis ?

Beda Hipnotis dan juga Sugesti


Proses Hipnotis biasanya akan melakukan cek terlebih dahulu mengenai sang korban apakah ia orang yang mudah di kenai hipnotis ataupun tidak, dan biasanya hipnotis sendiri memerlukan pembelajaran dan juga ilmu yang cukup untuk melakukannya. Sederhanakan sugesti sendiri tidak perlu trik khusus untuk melakukannya, contoh saja sugesti kontra ataupun prestise, kita mengetahui di jenis sugesti tersebut bahkan pemberinya tidak peru melakukan apa-apa, hanya komunikasi dan bertindak bisa saja membuat orang yang menerimanya secara tidak langsung akan ter-sugesti dengan sendirinya.

Akan tetapi yang perlu diingat adalah, Hipnotis dan juga Sugesti tidaklah selamanya bermaksud dan digunakan untuk tujuan yang buruk, ada banyak sesuatu hal yang memang memerlukan sugesti dan hipnotis seperti meyakinkan untuk mengurangi makanan dan minuman yang berbahaya untuk tubuh, meyakinkan untuk melakukan pola hidup sehat, dan juga membantu untuk terhindar dari trauma masa lalu. tentu dengan kehadiran trik Hipnotis dan juga Sugesti ini akan dapat membantu seseorang yang membutuhkannya.

Sekian artikel kali ini, jangan lupa jaga kesehatan dan juga keselamatan. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang kalian inginkan dan memenuhi hasrat horror kalian yang sedang meronta-ronta, Terimakasih.

Hubungi :

Email       : foranomaly6@gmail.com

Instagram : @lorong_gelapv





.



Komentar

Postingan Populer