Kenapa kita bisa takut ?

 


Disaat seseorang mengalami sesuatu hal yang mungkin saja dapat membuat dirinya terancam hingga nyaris membuat dirinya kehilangan nyawanya, tentu orang tersebut akan merasa takut dan membuat dirinya menjadi lebih waspada hingga ada yang sampai over waspada, yaitu dimana saat seseorang sangkin merasa takutnya hingga dirinya sampai membuat sesuatu hal yang seharusnya tidak perlu di lakukan.

Akan tetapi apakah anda penasaran dari mana asalnya rasa takut ini ? apa lagi pastinya hampir dari semua orang pernah merasakan takut entah saat masih kecil, dewasa, ataupun sudah ber-umur.

Dari mana asalnya rasa takut ?

Rasa takut sendiri merupakan sebuah emosi alami dari seseorang yang kuat dan dapat memicu sebuah reaksi Fight (menyerang) atau Flight (pasrah) dari tubuh orang tersebut. Ketika seseorang merasa takut, maka orang tersebut biasanya akan menjadi lebih waspada akan kemungkinan adanya ancaman ataupun bahaya, ancamannya tersebut pun entah yang bersifat fisik (memukul, menendang, dll) ataupun fisiologis (mengejek, berteriak, dll).

Beberapa peristiwa yang membuat dirinya taut berlebihan pun juga dapat membuat sebuah kondisi di manan seseorang mengalami rasa takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal, yap itu adalah Phobia yang juga sudah pernah gw bahas.

Apa reaksi yang biasanya akan muncul ?

Saat seseorang merasakan takut, biasanya orang tersebut akan membuat ataupun mengeluarkan sebuah respon yang mungkin dapat kita lihat ataupun rasakan, diantaranya adalah seperti nyeri dada, menggigil, mual, detak jantung kencang, keringat dingin, napas tersenggal-senggal, dan yang lainnya.

Selain itu, orang tersebut juga dapat membuat sebuah tindakan seperti marah, memukul, dan yang lainnya yang di sebabkan karena dirinya merasa terancam.

Bagaimanakah caranya menghadapi rasa takut ?

Tentunya ada beberapa cara untuk kita menghadapi dan juga menghilangkan rasa takut tersebut, diantaranya dapat dilakukan cukup mudah dan pastinya dapat membantu seseorang untuk terlepas dari rasa takutnya. 

  • Berpikir positif
Salah satu hal yang dapat di lakukan pertama kali saat merasakan rasa takut adalah dengan berpikir positif, biasanya ini akan berkerja di saat kita merasa takut akan jabatan kita, nasib kita di kedepannya, dan yang semacamnya. Awalnya kita akan berpikir sesuatu hal yang buruk mengenai hal tersebut, hingga akhirnya kita merasakan rasa takut dan mulai mencoba berbagai cara agar sesuatu yang buruk itu tidak menimpa diri kita.

Dengan mencoba untuk mengambil sisi positifnya ataupun juga dengan mengubah pandangan kita dari yang buruk menjadi positif, mungkin saja dapat mengatasi hal tersebut, setidaknya tidak membuat diri kita merasakan takut dan mencoba berbagai cara yang mungkin saja dapat membahayakan diri kita dan yang lainnya. 

Salah satu cara agar dapat berpikir positif secara cepat adalah yaitu dengan mendalami ajaran agama dan menyerahkan semuanya hidup kita, nasib kita, apa yang akan kita dapatkan ke tangan Sang Maha Kuasa (Tuhan). Dengan melakukan hal tersbeut, tentu selain kita tidak perlu memikirkan hal-hal yang buruk, kita juga akan lebih ter-arah jalannya sehingga tidak sampai terjatuh.

  • Jangan takut salah
Biasanya orang-orang akan merasakan takut jika berbuat salah, dan hal itulah yang dapat menghambat dirinya untuk berbuat sesuatu yang seharusnya dapat di lakukan dan juga dapat membantu diri kita. Oleh karena itulah, kita sebaiknya jangan takut jika diri kita salah. Akan tetapi tidak lupa juga untuk selalu berbenah dan mencoba untuk sadar mengenai apa yang selama ini kita lakukan, dengan merenung kita pun akan menjadi lebih banyak belajar mengenai dimana kesalahan kita dan juga dapat memperbaikinya dan menjadi lebih baik.
  • Ceritakan kepada orang lain
Jika ada beberapa rasa takut ataupun ke khawatiran mengenai sesuatu hal, dan hal tersebut tidak dapat di atasi sendiri oleh diri kita, alangkah lebih baiknya untuk kita mencoba untuk bercerita dengan seseorang yang dapat kita percaya. 

Hal ini akan membantu diri kita agar terhindar dari rasa takut berlebihan dan melakukan sesuatu hal yang buruk.
  • Hadapi rasa takut tersebut
Salah satu usaha yang terakhir jika semuanya sudah dilakukan dan tidak dapat menyelesaikannya, adalah dengan menghadapinya. Dengan menghadapi rasa takut tersebut akan membuat diri kita menjadi lebih tenang dan damai setelah menghadapinya, contohnya saat seseorang memiliki rasa takut dengan ke tinggian dan orang tersebut berusaha untuk menghadapi rasa takut tersebut dengan berada di ke tinggian, ia akan sadar bahwa sebenarnya ke tinggian tersebut tidaklah terlalu buruk untuk dirinya.

Sekian artikel kali ini, jangan lupa jaga kesehatan dan juga keselamatan. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang kalian inginkan dan memenuhi hasrat horror kalian yang sedang meronta-ronta, Terimakasih.

Hubungi :

Email       : foranomaly6@gmail.com

Instagram : @lorong_gelapv

Situs         : https://memasukiloronggelap.blogspot.com/



Komentar

Postingan Populer